20 Pengertian Bisnis Online Terlengkap Menurut Para Ahli

 Tahukah Anda Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan perdagangan elektronik tertinggi di dunia. Dengan pertumbuhan 78% per tahun, dapat diartikan Indonesia saat ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 257 juta jiwa, dengan jumlah usia di atas 15 tahun mencapai 186 juta. Pendapatan per kapita diperkirakan mencapai US$3.346, dengan rata-rata pengeluaran belanja online sebesar US$228. Hingga tahun 2017, nilai penjualan online mencapai US$7,62 miliar.


Dari angka-angka tersebut Anda bisa melihat bahwa Peluang Bisnis Online di Indonesia yang sangat menjajinkan. Survey mengatakan bahwa perkembangan e-commerce atau perdagangan elektronik ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan tahun.

Lalu apakah Anda sudah tahu. Apa pengertian Bisnis Online? Jenis-jenis e-commerce? Peluang Bisnis tersebut? Dll

Tapi sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya anda mengenalnya terlebih dahulu. Untuk itulah pelajari dahulu, apa pengertian bisnis online menurut para ahli.

Berikut merupakan definisi bisnis menurut para ahli di dunia:


1. Businessdictionary

"Bisnis adalah organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan dalam bentuk uang.

Bisnis memerlukan investasi yang besar dan pelanggan untuk menjual output pada sejumlah tertentu untuk mendapatkan (menghailkan)keuntungan. Bukan untuk keuntungan pribadi namun bisnis dapat dimiliki secara pribadi.”



2. Hooper

"Bisnis dalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti:
Penjualan (commerce) dan industri.
Industri dasar.
Processing dan industri manufaktur dan jaringan.
Distribusi.
Perbankkan.
Insuransi.
Transportasi, dan seterusnya.
yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh."

3. Brown dan Petrello
"Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika
kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba."

4. Plowman
"Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis."

5. Hunt & Urwick
“Bisnis adalah perusahaan apapun yang membuat, endistribusikan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.”

6. Owen
"Bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya."

7. Mc Naughton
“Mc Naughton, Bisnis dalah pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk keuntungan mutual.”

8. Haney
"Bisnis didefinisikan sebagai aktivitas manusia yang dihubungkan dengan produksi ataupun memperoleh kekayaan melalui pembelian dan penjualan barang."

9. L.R Dicksee
"Bisnis adalah suatu bentuk dari aktivitas yang utamanya bertujuan dalam memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktivitas tersebut."

10. Buku New Entrepreneur Orientation
Pengertian bisnis online tidak jauh berbeda menurut KBBI, yaitu "Aktifitas atau pekerjaan yang dilakukan perseorangan/kelompok untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan jaringan internet."

11. Musselman dan Jackson
"Bisnis adalah keseluruhan aktivitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri
penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat sera dalam memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat."

12. Merriam webster
"Bisnis adalah suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan barang dan jasa yang kemudian
dipertukarkan dengan uang, kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan. Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh sebuah toko, perusahaan, pabrik dan lain lain."

13. William Spregal
"Bisnis adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan penjualan barang-barang ataupun jasa dapat diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis."

14. Steinford
"Bisnis berarti aktivitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen."

Pakar-pakar menjelaskan Pengertian Bisnis Online antara lain

15. Jasmadi dan Solusindo, 
"Bisnis online juga bisa digunakan untuk sebuah komunitas. Bisnis online dapat diartikan menjadi sebuah tempat berbagi informasi dimana anda bisa menyumbangkan kemampuan anda untuk membuat komunitas yang solid melalui via internet."

16. Dedik Kurniawan
"Bisnis online adalah sebuah kegiatan yang menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan segala kegiatan yang dapat dilakukan secara online seperti halnya bisnis, daftar kuliah, searching, stalking, mencari berita dan lain sebagainya." 

17. Yudhi Wicaksono
"Bisnis online merupakan kegiatan jual beli dalam sambungan internet dan fitur belanja online yang sudah tersedia."

18. Loudon (1998)
“Suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik  dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.”

19. Kalakota dan Whinston (1997)
meninjau pengertian dibagi menjadi empat perspektif, yaitu :
  • Perspektif komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
  • Perspektif  proses bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  • Perspektif layanan, E-Commerce ialah suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen  untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
  • Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya

20. Menurut Wikipedia
”Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis."

Setelah membaca beberapa pendapat para ahli atau pakar bisnis tentang perdagangan elektronik. saya berharap Anda sekarang lebih mengenal tentang yang dimaksud bisnis online tersebut.

Seorang Penulis

0 Response to "20 Pengertian Bisnis Online Terlengkap Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel